precise targeting-strategy fb ads

Bismillah… Ada 2 jenis teknik targeting di FB.
– Precise Targeting Strategy
– dan Broad Targeting Strategy.
Postingan ini akan membahas tuntas tentang Precise Targeting Strategy.
Precise targeting strategy adalah menargetkan iklan ke audience yang sangat spesifik.
Disini kita akan menggunakan Precise interest.

Apa itu Precise Interest?

Precise interest adalah:
  • interest yang terbentuk dari sebuah Page
  • dengan kemurnian yang tinggi (persentase associated audience-nya sedikit)
(apa itu associated audience? baca: detailed targeting)

Mengidentifikasi Precise Interest

Ada 2 cara:
  • cara ribet (tanpa tool) menggunakan audience insights.
  • dan cara praktis, dengan menggunakan adsumo.

Yuk kita bahas satu per satu.

Cara Ribet Dengan Audience insights

  1. Buka Audience Insights
  2. Klik Tab Page Likes (kolom kanan)
  3. Masukan Interest (di kolom kiri)
  4. Lihat hasil yang muncul (di kolom kanan bawah).



Step 1:
Prinsipnya: kita harus memastikan interest tsb terbentuk dari sebuah Page.
  • Kita cari Page yang disukai oleh orang dengan interest tsb,
  • yang mana nama Pagenya sama dengan suatu interest yang kita pilih.

“Adakah Page yang muncul yg namanya sama persis dengan interest yg kita masukkan?”
(Ingat hasil Page likes di audience insights ini adalah Page yang disukai audience yang kita tentukan di kolom kirim, bukan interest yg related)
Bila ada, berarti interest itu Precise interest.
Bila tidak ada atau yang muncul hanya Pages general saja, berarti interest tsb termasuk broad interest.



Step 2, Mencari tau kemurniannya.
Kemurnian suatu interest diketahui dengan cara membandingkan:
  • jumlah audience interest (yang aktif) yang menyukai Page yg namanya sama persis dengan nama interest).
  • dengan jumlah total audience interest (yang aktif)
Dengan kata lain, sama saja kita mencari persentase audience overlap.
(audience interest yang beririsan dengan audience Page, di bandingakan dengan total audience interest)
Mengacu pada screenshot di atas, audience aktif yang juga menyukai Page, bisa di lihat di kolom audience, besarnya 192k.
Sedangkan total audience aktif utk interest tsb bisa di lihat di bagian monthly active people, besarnya 200-250k. Kita ambil nilai tengahnya 225k.

Rumusnya:
Persentase Overlap (kemurnian) = ( 192 k / 225k ) * 100% = 85.3%
Bila kemurniannya (persentase audience overlap) lebih besar dari 70% itu sangat tinggi kemurniannya, sangat bagus dan sangat tertarget, karena jumlah audience hasil tebakan FB (associated audience) sedikit.
Biasa disebut dengan super precise interest.

Cara Praktis: Dengan Adsumo

Di hasil search atau explore, pilih 1 interest saja -> lalu klik menu action insights. (tinggal klak klik aja, ga perlu ribet ketik ketik).


Langsung lihat kolom %Ovl di Page yang namanya sama persis (ga perlu siapin kalkulator untuk itung2)


Bila tidak ada page yang namanya sama persis, dan hasilnya yg muncul hanya Pages general saja, itu artinya interest tsb adalah board interest.

Kapan menggunakan Precise Interest?

Saat kita ingin menghindari mentarget audience hasil tebakan algoritma FB /associated audience.
Sebetulnya associated audience ini bagus untuk produk yang sifatnya umum.
Tapi bila kita mengiklankan produk dengan berhubungan dengan minat yang sangat spesifik, maka audience hasil tebakan FB ini jadi kurang tertarget.
Misalnya: kita menjual produk untuk pencinta kura2.
Tentunya lebih efektif bila iklan kita di lihat oleh orang orang dengan sadar menyatakan sendiri bahwa mereka suka kura2 kan? (dengan cara nge-like suatu Page kura2)
Dibandingkan dengan orang2 cuman nonton video kura kura kemudian di tebak FB mereka suka kura2. (Ingat: tebakan FB itu bagus, tapi tidak sepenuhnya benar).

Contoh Kasus

Misalnya kita mau jualan produk kalung kura-kura seperti ini.


Tentu akan lebih tertarget bila produk tsb dilihat oleh orang orang yang benar2 menyukai kura-kura kan? Yaitu orang yang dengan sadar memberikan pernyataan sosial bahwa mereka suka kura-kura. Dengan cara nge-like Pages kura-kura.
Iklan kita kurang tertarget bila tampil di orang-orang yang di tebak Facebook suka kura-kura gara2 mereka pernah nonton video kura-kura atau sekedar pernah nge-click postingan kura-kura.
Oleh karena itu untuk mengiklankan produk jenis ini, kita akan gunakan strategi targeting spesifik, dengan menggunakan precise interest.


Step 1: Mulai dari kata kunci yang sederhana

Buka adsumo, dan masukan  keyword “turtle” untuk memulai.



Step 2: Cross cek interest yang muncul

Fokus ke kolom Name. Lihat interest yang sesuai apakah memang sesuai dengan keyword utama yang kita masukkan.
Meski nama interest mengandung kata kunci yang kita masukan tapi belum tentu berhubungan dengan topik yang ingin kita target..
Contohnya di screenshot di atas, Teenage Mutant Ninja Turtles itu sudah pasti nama film anak2 dan remaja.
Bagaimana dengan interest lainnya?
Mengacu screenshot di atas, ada 2 yang meragukan: yaitu Turtle wax dan Turtle Beach System dan saya gak tau apakah interest ini berhubungan dengan kura-kura?
Nah mari kita cek.. Caranya:
  • copy interest tsb
  • paste ke kotak pencarian Facebook
  • lihat Pages besar yang muncul
  • apakah topiknya sesuai dengan interest yang kita masukkan?
  • ulangi gitu juga untuk setiap interest 1 per 1
Males? saja juga 😀
Oleh karena itu saya tambahkan fitur 1-click search di adsumo supaya proses corss check interst ini jadi praktis.
Kita bisa tinggal klik di nama interest tsb, lalu sumo akan membukakan halaman FB graph search.
Contoh kita akan cek interest turtle wax apakah interest ini memang berhubungan dengan kura-kura. Kik di nama interest Turtle Wax.


Cek Page besar yang muncul apakah memang sesuai dengan topik yang mau kita target.

Berikutnya kita cek interest Turtle Beach Systems, dengan cara yang sama yaitu klik di nama interestnya. Hasil FB graph searchnya sebagai berikut.

Hmm masih ragu2..
Cara cek lainnya adalah dengan memanfaatkan mbah Google.
Klik kanan di nama interest, lalu pilih menu google search,


Hasilnya:

Inilah pentingnya teliti dan meng-cross cek interest sebelum kita meng-explore-nya lebih lanjut. Apalagi untuk niche yang kita masih buta.
Sepele memang, tapi anggaran iklan kita boncos dibuatnya. Karena target audiencenya jadi sangat berbeda.


Step 3: Pilih 1 atau beberapa interest broad -> masukan ke tool explore

Di step ini kita akan mencoba generate ide2 targeting, dan mulai memilih interest2 yang akan kita jadikan target iklan.

Nyalakan switch deep explore di sidebar untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak.


Step 4: Pre-eliminasi hasil yang muncul.

  • urutkan berdasarkan potensial reach terbanyak,
  • langsung scroll ke interest dengan potensial reach di bawah 1 juta.


Kenapa begitu?
Karena di hasil explore ini kita mendapat hasil yang banyak. Apalagi bila menggunakan mode deep explore. Hasilnya bisa ratusan.
Pastinya pegel juga klo kita analisa 1 per 1 untuk mencari precise interest. Makan banyak waktu.
Untuk itu, cara cepat untuk memfilter di awal adalah mencari interest dengan potensial reach di bawah 1 juta. Karena kebanyakan interest di atas 1 juta adalah broad interests.
Selain itu Anda perlu ingat bahwa precise interest adalah interest yang terbentuk dari Page. Dan rata rata jumlah fans sebuah Page itu di bawah 1 juta. 


Step 5: Analisa Kemurnian

Di step ini kita akan menggunakan tool insights untuk mengetahui suatu interest itu termasuk precise atau broad.
Caranya:
  • Conteng 1 buah interest
  • Klik menu insights.

Di tool insights perlu kita perhatikan adalah:
  • Adakah Page yang muncul yang namanya sama persis dengan interest yang kita gunakan?
  • Berapa besarnya % Ovl (persentase overlap/kemurniannya)?

Patokan saya untuk precise interest adalah:
  • Ada Page yg namanya sama persis
  • dan % Ovl > 70%
Ini adalah patokan saya pribadi.
Alasannya untuk menghindari associated audience yang sudah saya jelaskan di artikel tentang detailed targeting.

Anda boleh saja bereksperimen dengan parameter / metrik yang Anda tentukan sendiri. dan bisa jadi parameter Anda tentukan memberikan hasil lebih baik parameter ini.
Anda bisa pencet tombol back di bagian kiri atas tabel untuk kembali ke hasil explore.
Setelah Anda mendapat 1 buah precise interest, jangan berhenti disitu.
Lanjutkan terus hingga kita mendapat cukup banyak precise interest untuk niche yang akan kita target. Sekitar 5 – 10 cukup. Tapi lebih banyak lebih bagus.


Step 6: Kumpulkan dan target bersama sama dalam 1 adset

Catet hasil step 5 di notepad atau textedit, lalu kopas ke kolom detailed targeting ketika bikin iklan.

Kenapa harus di kumpulkan dan di target bersama sama dalam 1 adset?
karena semakin sedikit potensial reach dalam suatu adset, biaya iklannya makin mahal.
Patokan saya utk precise targeting, 1 adset plus minus 200ribu – 1 juta potensial reach.


Note
  • Tidak semua niche ada precise interestnya
  • Bila suatu niche tidak ada precise interest, kita bisa gunakan broad targeting strategy.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Brownie Bites #desserts #cake

Easy Decorated Christmas Shortbread Cookies #cookies #baking