tentang-detailed-targeting

Detailed targeting

…merupakan salah satu parameter targeting yang sangat powerful di Facebook.
Dengan fitur ini kita bisa mentarget orang dengan
  • demografi tertentu (pendidikan, pekerjaan, dll)
  • behaviour tertentu (perilaku)
  • interest (minat) tertentu,
  • dan kategori lainnya.

Anda bisa menggunakan fitur ini ketika membuat iklan di FB lewat ad creation tool di ad manager.


Pernahkan Anda mencari tahu darimana asal datanya?
Yuk kita bahas..

Demographic

Demographic adalah atribut seseorang (gender, umur, status pernikaan, pekerjaan, dll).
Demographic yang termasuk dalam detailed targeting meliputi
  • Edukasi: Tingkat pendidikan, sekolah / universitas, jurusan / field of study, gelar, dsb
  • Pekerjaan: Profesi, jabatan, tempat bekerja
  • Status pernikahan
  • daln masih banyak lagi
Selengkapnya Anda bisa lihat di ad creation tool dengan meng-klik tombol browse di kotak input detailed targeting dan memilih menu demographic.

Data demographic ini berasal dari apa yang di masukan oleh pengguna FB isi di profile mereka.
Misalnya universitas, jurusan yang kita ambil, jabatan, tempat bekerja, dll.


Ketika membuat iklan lewat ad creation tool di ad manager, dan Anda ingin mencari demographic dan mengetikkan kata kunci di kotak input detailed targeting, yang penting untuk diperhatikan adalah label kecil di sebelah kanan hasil pencarian yang muncul.

Demographic di tandai dengan label demographic, job title, employers, field of study, dll.
Bukan interest. 
Ini penting. Jangan sampai salah pilih. Hasilnya bisa sangat berbeda dikarenakan perbedaan cara FB dalam membangun audience demographic dan interest.

Memang, kemungkinan ada pengguna yang asal-asalan dalam mengisi profilnya.
Tapi menurut pengamatan saya pribadi secara keseluruhan data ini bisa diandalkan. Belum ada platform beriklan lain yg lebih akurat dari FB dalam menjangkau orang berdasarkan demographic.


Behaviour (Perilaku)

Sebuah behavior/perilaku di Facebook didapat dari apa yang dilakukan oleh penggunanya.
Behaviour meliputi
  • Aktifitas digital: Sistem operasi, browser yg digunakan, dll
  • Mobile device: Jenis HP yang kita gunakan, koneksi, sistem operasi, dll
  • Perilaku belanja online (purchase behaviour)
  • dll
Bagaimana FB mendapatkan data behaviour?
1. Aplikasi Facebook yang terinstall di smartphone
Dengan aplikasi ini, FB bisa mengetahui dan mencatat apa saja yang kita lakukan di smartphone. Baik itu saat menggunakan aplikasi FB mamupun itu.
Kok bisa? karena aplikasi FB di hape meminta access permission yang luas. Seperti akses lokasi, koneksi, kontak, kamera, bahkan mikrofon.
Dan ingat aplikasi milik FB bukan sekedar Facebook mobile aja, tapi juga ada instagram, whatsapp, dll
Misalnya lewat access permission lokasi, FB bisa mengumpulkan data seperti:
  • Hari ini kita buka FB di catat lokasi di surabaya, beberapa hari lagi di jakarta, beberapa hari lagi di medan, dsb maka kita di kategorikan FB sebagai frequent travellers.
  • Kita tinggal di Indonesia, pernah buka FB dari singapore, maka kita di kategorikan FB sebagai international travellers.
  • FB juga mencatat jaringan yang kita gunakan, koneksi 3G/4G, jenis hape kita, sistem operasi, dll
  • Di profile kita tulis hometown jakarta, kita sering buka FB dari surabaya -> kita di kategorikan sbg away from family
  • Di profile kita tulis hometown jakarta indonesia, tapi kita buka di singapore selama sebulan / lebih -> kita di kategorikan sbg expats
  • dan masih banyak lagi.
2. Hal hal yg berhubungan dengan aktifitas digital kita dan teman kita di FB
  • Kita mempunyai Fans Page -> di kategorikan sbg Page admin
  • Kita pernah beli game di FB atau bayar iklan -> di kategorikan sbg Facebook Payment
  • Teman kita ada yang mau ulang tahun -> kita di kategorikan sbg Close Friends of Men with a Birthday in 7-30 days
  • dan lain sebagainya
3. Perilaku Belanja
  • FB mempunyai teknologi FB pixel (suatu code program kecil yg di install di website) yang membantu pemilik website untuk mentarget orang yang pernah mengunjungi websitenya, dan juga menganalisa efektifitas iklan.
  • Melalui pixel ini FB bisa mengetahui link URL apa saya yang di buka oleh seseorang di website tersebut, termasuk halaman shopping cart dan checkout berserta nilai pembeliannya.
dan masih banyak lagi.
Menurut saya data behaviour ini sangat valid mengingat metode & teknik pengumpulan data yang berdasarkan aktifitas pengguna.

Interest

Sebuah interest di Facebook bisa berasal dari apa yang kita isi di profile (movie, music, sport team, dll)


dan juga Pages yang kita sukai.


Masalahnya, tidak semua pengguna mengisi profilenya dengan benar atau me-like Page yang sesuai dengan minatnya.
Tapi FB tidak kehabisan akal. FB menciptakan sebuah algoritma untuk menebak minat seseorang, dengan cara:
1. Menebak topik sebuah post (berdasarkan keyword di post dan kategori Page) kemudian orang2 yg berinteraksi dengan post tsb (video view, link clicks, dll) di masukkan ke dalam suatu interest.
FB mencatat setiap post yang kita klik:

FB menggolongkan seseorang ke dalam suatu interest berdasarkan apa yang dia klik



2. Menebak topik suatu website dan mobile app (yg terinstall FB pixel atau menggunakan FB connect utk login), kemudian orang2 yang mengunjungi website / menginstall app tsb di golongkan ke suatu interest yg terkait.

Audience hasil tebakan FB ini biasa disebut dengan istilah associated audience.
Gak percaya FB secanggih itu?
Silahkan buka link ad preference untuk profile Anda disini dan lihat bagaimana FB mecoba menebak minat anda menggolongkan Anda ke suatu interest tanpa Anda sadari: https://www.facebook.com/ads/preferences/

Dari data tsb FB membuat mambangun audience dari suatu interest dengan berbagai cara:
  • sebuah Page saja + associated audience -> (precise interest),
  • atau, menggabungkan beberapa Pages +  associated audience -> (broad interests),
  • lalu naik ke level yg lebih luas lagi, FB menggabungkan beberapa broad interests dan dijadikan sebagai broad category.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Brownie Bites #desserts #cake

Easy Decorated Christmas Shortbread Cookies #cookies #baking